Selamat datang

Mari berbagi.... Semakin sering anda memberi akan semakin sering anda diberi...

Mari berbagi ide kreatif, peluang dan informasi demi kemajuan kita bersama...

Kamis, 25 September 2008

Tips meninggalkan rumah untuk mudik hari raya

Merayakan lebaran dikampung halaman adalah acara yang sangat dinanti oleh sebagian besar warga yang berada diperantauan. Acara kumpul keluarga memang sangat dinantikan untuk bersilaturahmi, melepas rasa rindu kepada anggota keluarga yang lain yang sudah sekian lama tidak bertemu, namun untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama atau beberapa hari sementara tetangga sekeliling juga banyak meninggalkan rumah, maka kita harus lebih waspada dan memperhatikan beberapa hal.

Demikian tips meninggalkan rumah:
1. Lapor kepada pengurus RT atau lingkungan dan bagian keamanan.

2. Meninggalkan no. HP/ Telepon yang dapat dihubungi kepada keamanan/warga yang tidak mudik untuk memudahkan komunikasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pastikan semua alat elektronik telah dimatikan (TV, Tape, VCD, Kipas Angin, Mesin Air, AC, dll), dan tidak dalam keadaan tersambung dengan listrik untuk menghidari konsleting akibat petir atau lainnya.

4. Lampu depan dalam keadaan hidup atau lebih baik bila menggunakan photocell atau timer sebagai saklar lamu.

5. Matikan telepon, lepas pesawat dari kabel konektor untuk menghindari sambaran petir.

6. Bersihkan tempat sampah yang berada didalam maupun diluar rumah untuk menghindari dari tikus dan bau busuk saat kembali dari kampung halaman, apabila ada makanan yang tidak tahan lama sebaiknya dibuang atau diberikan kepada orang lain.

7. Periksa kunci pintu, jendela, tralis, pagar, nako mungkin masih ada yang belum terpasang dengan baik, bila perlu pasang kunci tambahan.

8. Titipkan hewan peliharaan kepada tetangga yang tidak pulang atau ke rumah penitipan hewan disekitar rumah.

9. Pastikan rumah tidak bocor pada saat ditinggal mudik.

10. Simpan barang berharga ditempat yang aman.

11. Persiapkan sesuatu sebelum mudik, bagi yang membawa kendaraan pastikan kendaraan dalam kondisi prima, bagi yang menggunakan kendaraan umum hindari penggunaan perhisan berlebihan, hati-hati dengan barang bawaaan, bawa uang disaku/dompet seperlunya saja jangan berlebihan.

12. Berdoálah sebelum meninggalkan rumah,"Selamat jalan semoga selamat sampai tujuan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda disini